Suami 'Berbiji' Tiga, Istri Susah Hamil?

img
(Foto: thinkstock)
Dok, saya sudah menikah selama 3 tahun namun belum juga dikarunia anak. Apakah ini disebabkan karena bola kelamin (biji testis) saya seperti ada tiga? Yang kanan jumlahnya normal namun yang sebelah kiri seperti ada bulatan kecil lagi disampingnya dan bila tertekan sedikit saja rasanya sakit sekali. Mohon penjelasannya dan apa yang harus saya lakukan dok? Terimakasih.

Rahmawan
(Pria Menikah, 30 Tahun), MosleXXXXX2010@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 80 Kg


Jawaban


Anda sudah menikah selama 3 tahun namun belum juga dikaruniai anak. Juga Anda keluhkan tentang buah zakar Anda sebelah kiri ada benjolan kecil yang bila tertekan sedikit saja terasa nyeri.

Patut diketahui 'pabrik sperma' berada dalam buah zakar. Bila dalam buah zakar terjadi peradangan (terasa nyeri bila disentuh) bisa saja mempengaruhi kualitas sperma hingga menjadi tidak poten (subur). Akibatnya, sel spermatozoa Anda tidak bisa membuahi sel telur isteri untuk menghasilkan keturunan.

Kelainan pada bola testis contohnya ada massa, gumpalan atau benjolan yang tidak normal di bagian depan atau samping testis. Adanya benjolan jadi pertanda gangguan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

Jika ada kelainan pada bentuk atau ukuran testis dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter. Dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Urologi untuk pemeriksaan dan pengobatannya.

Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.