Apakah Membuang Sperma di Luar Bisa Ganggu Kesuburan?

img
(Foto: thinkstock)
Dokter, apa dampak negatif membuang sperma di luar vagina saat senggama? Bila coitus interuptus tersebut dilakukan dalam waktu lama 2-3 tahun, apakah berpengaruh terhadap kesuburan? Terimakasih.

Demian (Perempuan Menikah, 22 Tahun), lidianXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 45 Kg


Jawaban

Cairan sperma dikeluarkan di luar vagina disebut Coitus Interuptus, yaitu hubungan sanggama yang menjelang ejakulasi sang pria mencabut penisnya dan memuntahkan spermanya di luar vagina. Hal ini tidak berpengaruh terhadap kesuburan Anda dan suami.

Tapi cara ini hanya mengundang risiko terjadi kehamilan bila dilakukan pada saat Anda dalam masa subur. Karena pada fase menjelang suami Anda ejakulasi, tidak jarang ujung penis sudah basah dengan cairan sperma.

Bila satu sel spermatozoa saja menyelinap, kendatipun ejakulasi dilakukan di luar vagina maka sel jantan tersebut sudah berenang dalam cairan vagina untuk menjumpai sel telur wanita (ovum). Maka besar kemungkinan bisa terjadi kehamilan.

Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta