Normalkah Panjang Alat Vitalmu?

img
(Foto: thinkstock)
Dok, wajarkah panjang alat vital pria hanya 9 cm di usia 20 tahun? Sebenarnya berapa panjang alat kelamin pria yang normal? Bagaimana efeknya kalau ukurannya pendek? Terimakasih.

Handi (Pria Lajang, 20 Tahun), handi.wijXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 68 Kg


Jawaban


Yang penting bukan panjang Mr P, tapi kerasnya Mr P pada saat ereksi dan tidak cepat layu. Ukuran penis Anda 9 cm itu relatif masih normal, karena pusat erotik yang paling peka pada vagina yaitu G-Spot hanya berjarak 5 cm dari tepi dinding luar-atas vagina. Belum lagi kalau sedang ereksi panjang Mr P akan bertambah.

Jadi sebenarnya merasa rendah diri jika memiliki ukuran penis yang tidak besar. Karena selama pria memiliki kekuatan ereksi yang baik, maka ia tetap bisa memuaskan pasangannya. Ukuran penis yang mungil pun, asalkan tegang dan kerasnya prima akan mampu melakukan hubungan-seksual yang luar biasa.

American Plastic Surgery Academy, mengklasifikasikan ukuran penis saat ereksi menjadi 4 tipe, yaitu:
  1. Mikropenis, kurang dari 7 cm (2,75 inci).
  2. Penis kecil, kurang dari 10 cm (3,93 inci).
  3. Penis menengah, antara 12 cm - 17 cm (4,72-6,69 inci).
  4. Penis besar, lebih dari 18 cm (7,08 inci).

Sedangkan berdasarkan survei yang dilakukan oleh perusahaan kondom Durex yang diterbitkandalam koran Milenio, jika berdasarkan etnis maka ras Kaukasia memiliki penis ereksi paling panjang yang diikuti oleh ras Afrika, Hispanic dan terakhir adalah Asia.
  1. Kaukasia: 16,2 cm (6,39 inci)
  2. Afrika: 15,2 cm (6 inci)
  3. Hispanic: 14,7 cm (5,8 inci)
  4. Asia: 13,5 cm (5,31 inci)

Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta