KB sistem Kalender

img
(Foto: thinkstock)
Halo Dok, saya mau tanya apakah ada hubungan seks yang aman tanpa menggunakan kontrasepsi karena belum siap hamil. Apakah itu dilakukan sebelum atau sesudah menstruasi? Terimakasih.

Cahyo (Pria Menikah, 19 Tahun), cahXXXX6@hotmail.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 44 Kg


Jawaban

Yang Anda inginkan adalah ber-KB dengan sistim kalender. Cara kontrasepsi sistem kalender adalah menghindari hubungan seksual pada tanggal-tanggal tertentu yang mana ketika perempuan sedang dalam masa subur.

Bila menstruasi isteri Anda teratur, hindari sanggama sekitar hari ke-12 sampai hari ke-15, dihitung sejak hari pertama haid karena saat itu isteri Anda dalam periode subur.

Di luar periode tersebut, relatif aman untuk senggama menghindari kehamilan. Dari pengalaman empiris, periode sebelum menstruasi jauh lebih aman dibandingkan periode sesudah menstruasi (hari 1-11).

Tapi untuk sistem kalender ini harus tepat menghitung siklus haidnya, karena kalau salah menghitung risiko kehamilan tetap ada.


Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.