Terapi Hormon Mempercepat Kehilangan Massa Otak

Washington: Perawatan hormon yang biasa digunakan wanita menopause diduga mempercepat penyusutan otak, menurut dua penelitian baru yang dirilis Senin.
Penelitian yang muncul 13 Januari di jurnal kesehatan Neurology itu menunjukkan kehilangan jaringan otak lebih besar dari biasanya pada wanita usia 65 tahun dan yang lebih tua.
Studi sebelumnya menunjukkan bahwa perempuan lebih tua yang menggunakan obat berbasis progestin telah mengurangi kemampuan berpikir dan memori, dan lebih mungkin untuk menderita dementia dan penurunan fungsi otak.
Dokter telah lama percaya bahwa pelemahan itu disebabkan oleh luka kecil pada pembuluh darah otak akibat perawatan hormonal.
Namun, penelitian baru menggunakan MRI scans terhadap otak perempuan menunjukkan penurunan jaringan otak di daerah kritis bagi memori untuk wanita yang menggunakan hormon.
"Temuan kami mengungkapkan satu penjelasan yang mungkin bagi risiko peningkatan dementia pada wanita tua yang sebelumnya menjalani terapi hormon pasca-menopause," kata Laura Coker dari Wake Forest University Baptist Medical Center, yang memimpin salah satu penelitian itu.

Studi kedua menemukan wanita yang menjalani terapi hormon memiliki volume otak lebih kecil di lobe dan hippocampus, keduanya area kritis untuk kemampuan berpikir dan memori.
"Temuan kami menunjukkan bahwa terapi hormon pada wanita pasca-menopause memiliki efek negatif terhadap struktur penting dalam menjaga fungsi memori yang normal," studi menyimpulkan.
"Namun, efek negatif ini kebanyakan dialami wanita yang telah mengalami masalah memori sebelum menggunakan terapi hormon."(tempo)