Sperma Suami Susah Masuk

img
(Foto: thinkstock)
Dokter, saya mau bertanya, setiap habis berhubungan intim sperma suami selalu keluar lagi dari dalam vagina. Apakah sperma tersebut tidak ada yang masuk ke rahim saya? Soalnya saya ingin sekali punya anak? Dan saya minta tips untuk bisa cepat hamil. Terimakasih.

Apri (Perempuan Menikah, 26 Tahun), apriastuti@XXX.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 61 Kg

Jawaban

Ini adalah hal normal terjadi jika sperma suami keluar lagi setelah usai bersenggama. Tidak perlu dirisaukan karena yang penting sel spermatozoa sudah masuk ke dalam rahim untuk bertemu dengan ovum (sel betina).

Bila satu sel spermatozoa saja menyelinap lalu berenang dalam cairan vagina untuk menjumpai sel telur wanita (ovum) maka itu sudah berpotens terjadi kehamilan.

Hubungan seksual itu berfungsi ganda ada yang prokreasi untuk memperoleh keturunan, dan satu lagi rekreasi untuk memetik kenikmatan. Untuk prokreasi, lakukan hubungan intim saat Anda dalam periode subur, yaitu sekitar hari ke 12-15 dihitung sejak haid hari pertama.

Bila selama 6 bulan Anda & suami teratur melakukan hubungan intim, tapi kehamilan tidak kunjung tiba maka Anda berdua harus berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan untuk mencermati kemungkinan terjadi infertilitas (kemandulan).


Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta