Mencegah Kanker Prostat



Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang pada prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang diluar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh yang lainnya, terutama tulang dan lymphnode.
Mengetahui makanan apa yang baik dan tidak untuk kesehatan adalah kunci melawan penyakit ini. Berikut ini beberapa macam makanan yang paling baik untuk mencegah kanker prostat.

*Tomat
Makanan pencegah kanker adalah makanan yang mengandung antioksidan. Salah satunya buah tomat yang banyak mengandung likopen. Likopen adalah pigmen golongan karotenoid yang memberi warna merah pada buah tomat sekaligus memiliki efek antioksidan. Studi pada 2007 memnyebutkan , tomat bisa meningkatkan aliran pembuluh darah pada alat reproduksi pria dan mengurangi resiko kanker prostat.

*Brokoli
Kandungan senyawa aktif sulforaphane yang ada pada brokoli bisa mencega pembentukan sel-sel yang tidak terkontrol (kanker) pada bagiang kelenjar prostat laki-laki. Menurut hasil dari para penelti, sulforaphane adalah senyawa yang paling baik yang pernah mereka temukan dalam melawan sel-sel kanker, termasuk kanker prostat ini.

*Kedelai
Sudah lama diketahui sebagai makanan yang memiliki antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan pada kedelai adalah genistein, daidzein, dan glycitein yang semuanya tergolong dalam sebuah golongan yang disebut isoflavon.

Sumber : Rendra/harsindo